LK 2.6

 

LEMBAR KERJA MODUL 2.6

 

PEMBELAJARAN 1: GALI PEMAHAMAN DIRI

Waktu: 1 x 45 Menit

 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

Guru dapat melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid

 

Kegiatan ini merupakan alur awal rangkaian materi belajar di Program Guru Jawa Barat. Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan sebuah refleksi diri sejauh mana Anda mengenal dan memahami kepemimpinan murid dan profil pelajar Pancasila. Sejauh ini Anda sudah sering mendengar kata kata seperti membangun ekosistem pembelajaran filosofi KHD menumbuhkan padi, program yang berdampak pada murid, kepemimpinan murid, yang menjadi inti dari pembelajaran berpusat pada murid. Oleh sebab itu, pada tahap awal ini, Anda akan berdialog dengan diri Anda sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar kepemimpinan murid dan profil pelajar Pancasila dan relevansinya dengan peran Anda sebagai pendidik.

 

Pada sesi ini kami akan mengajak anda mengingat kembali masa bersekolah dulu, Anda tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

 

Nah, sekarang kami ingin anda mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman anda yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini, sehingga membentuk sebuah artikel sederhana

 

1.      Apa kegiatan/programnya dan siapa yang memprakarsai program tersebut?

Kegiatan atau program ketika sekolah yang pernah dialami yaitu ketika program kepramukaan Camping Pendidikan Dasar yang dilaksanakan setika saya sekolah di Sekolah Menengah Atas dan yang memprakarsai program tersebut adalah guru-guru yang mengajar di Sekolah.

 

2.      Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Ibu/Bapak?

Pengalaman tersebut berkesan karena saya merasa dilatih untuk hidup mandiri dan bagaimana bisa bertahan di alam terbuka. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan program pembimbingan rohani yang dilaksanakan oleh guru-guru agama untuk mengingatkan tentang peran orngtua dalam kehidupn kita.

 

3.      Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?

Pembelajaran yang dapat diambil dari program tersebut :

1.      Kemandirian

2.      Gotong royong bersama teman

3.      Menghargai teman, guru dan orangtua

4.      Mengenal alam sekitar

 

4.      Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?

Pengalaman tersebut berdampak positif pada saya, karena banyak melatih untuk terbiasa saling bergotong royong dalam hidup bermasyarakat maupun ketika bekerja. Banyak pengalaman yng dapat dimbil setelah saya mengikuti program tersebut.

 

5.      Apakah bapak/ibu sebagai guru pernah membuat dan melaksanakan program yang berdampak pada murid?

Saya sebagai guru selalu berusaha membuat dan melaksanakan program yang berdampak pada murid, program yang saya buat di kompetensi keahlian seperti kelas binaan industry, apel sebelum pembelajaran praktik, camping Pendidikan dasar dll.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBELAJARAN 3: APLIKASI NYATA

Waktu: 2 x 45 Menit

 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

1.      Guru dapat membuat program yang memfasilitasi kepemimpinan murid berdasarkan tahapan model prakarsa perubahan dengan alur BAGJA.

2.      Guru dapat mengimplementasikan program yang memfasilitasi kepemimpinan murid berdasarkan alur BAGJA pada mata pelajaran yang diampu.

3.      Guru mendokumentasikan pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.

4.      Guru mengupload tugas aksi nyatanya

 

Pada tahapan ini , Bapak/Ibu Guru:

Sekarang saatnya Anda mengimplementasikan pemahaman Anda terkait program yang memfasilitasi kepemimpinan murid (students agency) dengan mempertimbangkan suara (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership). Dengan langkah sebagai berikut :

1.        Buatlah program yang memfasilitasi kepemimpinan murid berdasarkan tahapan model prakarsa perubahan dengan alur BAGJA (Buka kembali modul 1 dan tahapan BAGJA di modul 1. Lampiran Tahapan BAGJA )

2.        Lakukan aksi nyata di kelas berdasarkan program yang Anda buat dengan mempertimbangkan suara (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership).

3.        Dokumentasikanlah setiap tahapan yang dilaksanakan.

4.        Buatlah dokumentasi sederhana berupa Vlog/ Foto/ Audio/ Tulisan sederhana/ PPT yang menunjukan aksi nyata Anda

 

Masukan link Video atau

 

https://docs.google.com/presentation/d/1orJ0CI9qirx7WScpX9YHLXVf-jU2Zimc/edit?usp=drive_link&ouid=100315693383547494522&rtpof=true&sd=true

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBELAJARAN 4: TELAAH KEMBALI

Waktu: 1 x 45 Menit

 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

1. Merefleksikan hasil dan implementasikan konsep dalam bentuk aksi nyata di kelas/sekolah lewat Vlog/ Foto/ Audio/ Tulisan sederhana/ PPT

2. Menyusun rencana tindak lanjut perbaikan dalam meningkatkan diri untuk memahami materi dan implementasi/aksi nyata di kelas/sekolah

 

Bentuk Kegiatan

1.        Refleksikan implementasi konsep dalam bentuk aksi nyata di kelas/sekolah lewat Vlog/ Foto/ Audio/ Tulisan sederhana/ PPT

2.        Merencanakan tindak lanjut perbaikan dalam meningkatkan diri untuk memahami materi dan implementasi/aksi nyata di kelas/sekolah

3.        Menjawab Pertanyaan refleksi

Selamat Bapak dan Ibu sudah berada pada akhir sesi, sekarang disilahkan untuk membangun koneksi dari materi yang sudah dipelajari dengan peran Bapak dan Ibu, kemudian ceritakan tantangan dalam mempelajari materi, ceritakan pula konsep-konsep penting yang bisa Bapak dan Ibu implementasikan, dan buat komitmen diri untuk melakukan perubahan terkait materi yang sudah dipelajari. Silahkan Bapak dan Ibu tuangkan pengalaman tersebut dalam jurnal refleksi 4 C berikut!

No

Pertanyaan 

Jawaban

1

Connection : Ceritakan keterkaitan materi yang sudah Anda pelajari dengan peran Anda.

Banyak sekali keterkaitan materi yang dipelajari dengan peran saya sebagai guru di sekolah menengah kejuruan. Seperti safety brefing sebelum pembelajaran praktik yang menekankan tentang keselamatan ketika praktik dan koordinasi sebelum praktik akan dimulai. Itu merupakan budaya positif yang bisa terus dikembangkan agar kegiatan pembelajaran praktik dapat berjalan dengan lancar.

2

Challenge : Ceritakan adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?

Materi yang berbeda dengan praktik yang selama ini saya jalankan disekolah adalah posisi saya sebegai seorang guru cenderung menjadi sebagai penghukum dan pembuat rasa bersalah. Padahal sebagai seorang guru lebih baik menjadi seorang manager yang menempatkan permasalahan siswa sesuai dengan porsinya.

3

Concept : Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjakankan peran Anda?

Konsep utama yang saya pelajari adalah mengenai segitiga restitusi dimana proses menciptakan kondisi bagi peserta didik untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga mereka bisa kembali pada kelompok mereka, dengan karakter yang lebih kuat. Konsep ini akan terus dipraktekan selama saya menjalankan peran sebagai seorang guru.

4

Change : Ceritakan sebuah perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah pembelajaran pada hari ini?

Perubahan dalam diri yang ingin saya lakukan setelah pembelajaran ini adalah untuk menjadi seorang guru yang bersifat seperti seorang manager. Yang mana selama ini peran saya sebagai guru lebih banyak sebagai penghukum dan pembuat rasa bersalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak video berikut

 

https://www.youtube.com/watch?v=g2fvlxd3Ubg

 

 

 

Refleksi berdasarkan tayangan video :

Setelah menonton video, silahkan menuliskan pengalaman Bapak dan Ibu Guru melalui pertanyan berikut ini:

1.        Apakah suasana dari video yang baru saja kita saksikan?

Suasana video yang ditampilkan adalah serius dan edukatif, dengan fokus pada diskusi konsep yang mendalam mengenai kepemimpinan murid. Pembicara menjelaskan berbagai aspek pendidikan yang penting dalam konteks kepemimpinan di sekolah, dengan nada yang berwibawa dan formal.

 

2.        Lingkungan seperti apa menurut bapak dan ibu yang dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid

Lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid adalah lingkungan yang memberikan ruang bagi murid untuk memiliki suara, pilihan, dan kepemilikan atas proses belajar mereka. Ini termasuk menyediakan program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang mendorong keterlibatan aktif murid, serta memanfaatkan aset-aset modal sekolah seperti perpustakaan dan kolaborasi antara guru, kepala sekolah, dan komunitas.

 

3.        Apa yang dapat dilakukan oleh bapak dan ibu guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang berdampak pada kepemimpinan murid?

Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang berdampak pada kepemimpinan murid dengan memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih bahan bacaan, menentukan bentuk tugas, dan menilai hasil belajar mereka sendiri. Selain itu, guru juga harus melibatkan seluruh komunitas sekolah dalam mendukung inisiatif-inisiatif yang mempromosikan kepemimpinan murid, serta menciptakan suasana yang mendukung kepercayaan diri, kemandirian, kreativitas, dan pemikiran kritis.

 

Setelah bapak / ibu guru membuat refleksi tiba saatnya bapak ibu membuat Rencana Tindak Lanjut, dengan format di bawah ini.

NNo

Yang dilakukan

Sasaran Tindak Lanjut

Waktu/Lini Masa

Pihak Yang dilibatkan

Keterangan

11

Memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih bahan bacaan.

Meningkatkan keterlibatan dan kepemimpinan murid dalam proses belajar.

Semester depan

Guru, Murid, Kepala Sekolah

Penguatan literasi dan minat baca murid.

22

Melibatkan komunitas sekolah dalam program-program kepemimpinan.

Menciptakan lingkungan yang mendukung kepemimpinan murid.

Selama tahun ajaran

Guru, Kepala Sekolah, Komunitas Sekolah

Mengembangkan kolaborasi yang erat antara sekolah dan komunitas.

33

Mengadakan sesi refleksi dan evaluasi berkala untuk murid.

Memantau perkembangan kepemimpinan murid.

Setiap bulan

Guru, Murid

Menilai efektivitas program kepemimpinan yang telah diterapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRY OUT CPNS BUMN TERBARU

BANK SOAL CPNS BUMN TERBARU

Wiring Diagram Kelistrikan Sepeda Motor