Tugas M1 KB 1.2 Analisis Ringkas
Analisis ringkas tentang karakteristik siswa abad 21
Konsekuensinya
terhadap karakteristik guru abad 21 adalah guru dituntut untuk menjadi
fasilitator, motivator dan inspirator untuk siswanya. Sehingga guru dapat
maksimal dalam pembelajaran sehingga kemampuan siswa dapat digali secara
optimal. Guru juga dituntut untuk meningkatkan minat membacanya, karena guru
harus mampu mentarnsformasi dari era pedagogis siber atau era digital. Selain
harus meningkatkan minat membacanya, guru juga harus mempunyai kemampuan
menulis agar bisa menuangkan gagasan-gagasan inovatifnya dalam bentuk buku atau
karya ilmiah sehingga kredibelitas guru dihadapan siswa meningkat. Guru juga
harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajarnya dan mencari
pemecahan masalah belajar sehingga pembelajaran dapat efektif dan efisien.
Bukan
hanya guru yang harus menyesuaikan dengan perkebangan teknologi dan era digital
sekarang, siswa juga harus bisa mengimbanginya supaya dapat berjalan selaras
dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kecakapan yang harus dimiliki oleh siswa
abad 21 adalah siswa harus terampil dalam belajar dan berinovasi. Siswa harus berpikir kritis dan pemecahan masalah
dalam komunikasi dan kreativitas kolaboratif dan inovatif. Selain itu siswa
ditutuntut mempunyai keahlian literasi digital yaitu literasi media baru dan
literasi dalam teknologi informasi dan komunikasi.
Profil guru ideal yang sesuai dengan
karakteristik guru abad 21 adalah guru yang mampu menjadi fasilitator,
motivator dan inspirator siswanya serta guru yang mempunyai kompetensi yang
mumpuni. Guru yang ideal diabad 21 adalah guru yang kreatif dan inoatif dalam
mengembangkan metode belajarnya dan mencari pemecahan masalah belajar dengan
diimbangi penguasaan teknologi digital sebagai media pembelajarannya.
wuih, asyikkk
BalasHapus