Lembar Kerja Sesi Berehan
LEMBAR SESI BEREHAN
Dikumpulkan Di Akhir Modul
Sesi Berehan adalah sesi
terakhir dari satu paket modul, di mana Bapak/Ibu akan berbagi praktik
baik/mendiseminasikan pengalaman dalam mengimplementasikan salah satu topik/sub
modul/modul dan hasil pembelajarannya yang telah dilakukan di kelas
masing-masing kepada guru-guru lainnya di sekolah maupun di luar sekolahnya.
Praktik diseminasi/berbagi praktik baik ini dapat dilakukan di komunitas
belajar sekolah masing-masing atau antar sekolah yang dilakukan secara
daring/luring.
Langkah-langkah kegiatan:
TAHAP PERSIAPAN |
1. Buatlah perencanaan kegiatan
bersama rekan sejawat di dalam Komunitas Belajar sekolah Bapak/Ibu atau
komunitas belajar di luar sekolah. 2. Minimal 5 (lima) jumlah guru
yang akan mengikuti kegiatan diseminasi 3. Rencanakan tanggal
pelaksanaan diseminasi kegiatan tersebut bersama pengurus Kombel. |
TAHAP
PELAKSANAAN |
1. Lakukan presentasi berbagi
praktik baik bersama kombel dari materi yang telah dipelajari. 2. Targetkan RTL kepada seluruh
Bapak/Ibu Guru untuk bersama-sama membuat Aksi Nyata secara kolaboratif 3. Mendokumentasikan kegiatan
berbagi praktik baik |
TAHAP EVALUASI
DAN LAPORAN |
1. Laporkan hasil RTL Aksi Nyata
bersama kepada Dinas Pendidikan melalui Pendamping Praktik yang ditugaskan
kepada sekolah Bapak/Ibu. 2. Posting Dokumen RTL dan
dokumentasi kegiatan di Website sekolah dan blog pribadi Bapak/Ibu. |
Tautkan link dokumen RTL dan
dokumentasi kegiatan pada kotak berikut !
https://berbagi-ilmuotomotif.blogspot.com/2024/09/lembar-kerja-sesi-berehan.html |
- Identifikasi Kegiatan dan Tahapan Komunitas
Belajar Saat Ini
No. |
Kegiatan di Komunitas
Belajar Saat ini |
Tahapan Komunitas
Belajar |
1 |
Komunitas
Belajar (Kombel) |
Sudah terbentuk |
2 |
Pertemuan komunitas
belajar secara formal dan rutin |
Pelaksanan satu bulan sekali |
3 |
Forum Grup
Discusion (FGD) |
·
Membentuk kelompok guru maple yang
sama ·
Mempelajari dan mendiskusikan materi ajar ·
Mengevaluasi proses pembelajaran di akhir
tahun pembelajaran ·
Menata ulang dan memperbaiki pengajaran di
tahun ajaran yang berikutnya |
4 |
Pengembangan
konsentrasi keahlian |
Sudah berjalan |
5 |
Menyiapkan bahan ajar oleh oleh guru sesuai dengan mata pelajaran
yang diampu khususnya mata pelajaran yang sejenis ( serumpun ) |
Merumuskan ( diskusi
) materi yang sesuai dengan kurikulum |
- Rekomendasi Kegiatan di Kelompok Belajar dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
No |
Rekomendasi Kegiatan
di Kelompok Belajar |
Tujuan |
Bentuk Dukungan yang
Diperlukan |
1. |
Melakukan
perencanaan, pelaksanaan, pelaporan,monitoring, dan evaluasi program kegiatan |
Capaian pembelajaran
sesuai dengan karakter dan kebutuhan peserta didik |
Melakukan diskusi
awal pembentukan tim kolaborasi |
2. |
Pertemuan komunitas
belajar |
Untuk memperkuat
proses belajar anggota di komunitas |
Komitmen anggota
komunitas |
3. |
Team teaching yang
terdiri dari beberapa guru mata Pelajaran |
Mengkolaborasikan
sistem dan metoda pengajaran |
·
Kesehatan dan kebersamaan semua guru mapel yang terkait ·
Sarana prasarana yang memadai |
4. |
Penyusunan program
kerja konsentrasi keahlian |
Membantu komunitas
belajar dalam konsentrasi keahlian bekerja secara sistematis dan terstruktur |
Keahlian dan
keikutsertaan dalam rapat Bersama seluruh tim konsentrasi keahlian untuk
penyusunan program konsentrasi keahlian tiap awal semester dengan dasar
kebutuhan peserta didik dan kebutuhan usaha /dunia industri |
5. |
Tersusunnya bahan
ajar tepat waktu |
Agar tujuan
pembelajaran bagi siswa dapat dapat tercapai sesuai yang diamanatkan dalam
kurikulum |
Keaktifan dari
masing-masing guru untuk saling berkomunikasi dengan teman sejawat
membicarakan berkaitan materi pembelajaran |
- Strategi Implementasi Dalam Upaya Pengembangan
Komunitas Belajar di Satuan Pendidikan
No. |
Strategi
Implementasi |
1. |
Melakukan observasi
kemampuan peserta didik melakukan diskusi dan melakukan pendampingan dan
pengarahan. |
2. |
Pendekatan kepada
para pendidik agar tertarik mengikuti komunitas belajar |
3. |
Pada awal tahun
Pelajaran tiap guru membagikan materi ajarnya yang berupa projek dan yang
memerlukan kolaborasi bersama dengan mata pelajaran lain demikian juga
termasuk dengan guru BK |
4. |
Rapat konsentrasi
keahlian dalam menentukan program secara berkala dann insidental yang wajib
diikuti oleh seluruh team konsebtrasi keahlian dan dihadiri secara langsung
oleh bidang keuangan, bidang kurikulum dan kepala sekolah |
5. |
Dilakukan penjadwalan
pertemuan guru-guru secara rutin dan kontinu untuk melakukan pembahasan
materi pembelajaran |
Komentar
Posting Komentar