Lembar Kerja Sesi Berehan

 

LEMBAR SESI BEREHAN

Dikumpulkan Di Akhir Modul

 

Sesi Berehan adalah sesi terakhir dari satu paket modul, di mana Bapak/Ibu akan berbagi praktik baik/mendiseminasikan pengalaman dalam mengimplementasikan salah satu topik/sub modul/modul dan hasil pembelajarannya yang telah dilakukan di kelas masing-masing kepada guru-guru lainnya di sekolah maupun di luar sekolahnya. Praktik diseminasi/berbagi praktik baik ini dapat dilakukan di komunitas belajar sekolah masing-masing atau antar sekolah yang dilakukan secara daring/luring.

 

Langkah-langkah kegiatan: 

TAHAP PERSIAPAN

1.      Buatlah perencanaan kegiatan bersama rekan sejawat di dalam Komunitas Belajar sekolah Bapak/Ibu atau komunitas belajar di luar sekolah.

2.      Minimal 5 (lima) jumlah guru yang akan mengikuti kegiatan diseminasi

3.      Rencanakan tanggal pelaksanaan diseminasi kegiatan tersebut bersama pengurus Kombel.

TAHAP PELAKSANAAN

1.      Lakukan presentasi berbagi praktik baik bersama kombel dari materi yang telah dipelajari.

2.      Targetkan RTL kepada seluruh Bapak/Ibu Guru untuk bersama-sama membuat Aksi Nyata secara kolaboratif

3.      Mendokumentasikan kegiatan berbagi praktik baik

TAHAP EVALUASI DAN LAPORAN

1.      Laporkan hasil RTL Aksi Nyata bersama kepada Dinas Pendidikan melalui Pendamping Praktik yang ditugaskan kepada sekolah Bapak/Ibu.

2.      Posting Dokumen RTL dan dokumentasi kegiatan di Website sekolah dan blog pribadi Bapak/Ibu.

 

Tautkan link dokumen RTL dan dokumentasi kegiatan pada kotak berikut !

 


https://berbagi-ilmuotomotif.blogspot.com/2024/09/lembar-kerja-sesi-berehan.html

 

 

            


 

  1. Identifikasi Kegiatan dan Tahapan Komunitas Belajar Saat Ini

 

No.

Kegiatan di Komunitas Belajar Saat ini

Tahapan Komunitas Belajar

1

Komunitas Belajar (Kombel)

Sudah terbentuk

2

Pertemuan komunitas belajar secara formal dan rutin

Pelaksanan satu bulan sekali

3

Forum Grup Discusion (FGD)

·         Membentuk kelompok guru maple yang sama

·         Mempelajari dan mendiskusikan materi ajar

·         Mengevaluasi proses pembelajaran di akhir tahun pembelajaran

·         Menata ulang dan memperbaiki pengajaran di tahun ajaran yang berikutnya

 

4

Pengembangan konsentrasi keahlian

Sudah berjalan

5

Menyiapkan bahan ajar oleh oleh guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu khususnya mata pelajaran yang sejenis ( serumpun )

Merumuskan ( diskusi ) materi yang sesuai dengan kurikulum

 

 

  1. Rekomendasi Kegiatan di Kelompok Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

 

No

Rekomendasi Kegiatan di Kelompok Belajar

Tujuan

Bentuk Dukungan yang Diperlukan

1.

Melakukan perencanaan, pelaksanaan, pelaporan,monitoring, dan evaluasi program kegiatan

Capaian pembelajaran sesuai dengan karakter dan kebutuhan peserta didik

Melakukan diskusi awal pembentukan tim kolaborasi

2.

Pertemuan komunitas belajar

Untuk memperkuat proses belajar anggota di komunitas

Komitmen anggota komunitas

3.

Team teaching yang terdiri dari beberapa guru mata Pelajaran

Mengkolaborasikan sistem dan metoda pengajaran

·         Kesehatan dan kebersamaan semua guru mapel yang terkait

·         Sarana prasarana yang memadai

4.

Penyusunan program kerja konsentrasi keahlian

Membantu komunitas belajar dalam konsentrasi keahlian bekerja secara sistematis dan terstruktur

Keahlian dan keikutsertaan dalam rapat Bersama seluruh tim konsentrasi keahlian untuk penyusunan program konsentrasi keahlian tiap awal semester dengan dasar kebutuhan peserta didik dan kebutuhan usaha /dunia industri

5.

Tersusunnya bahan ajar tepat waktu

Agar tujuan pembelajaran bagi siswa dapat dapat tercapai sesuai yang diamanatkan dalam kurikulum

Keaktifan dari masing-masing guru untuk saling berkomunikasi dengan teman sejawat membicarakan berkaitan materi pembelajaran

 

 

  1. Strategi Implementasi Dalam Upaya Pengembangan Komunitas Belajar di Satuan Pendidikan

 

No.

Strategi Implementasi

1.

Melakukan observasi kemampuan peserta didik melakukan diskusi dan melakukan pendampingan dan pengarahan.

2.

Pendekatan kepada para pendidik agar tertarik mengikuti komunitas belajar

3.

Pada awal tahun Pelajaran tiap guru membagikan materi ajarnya yang berupa projek dan yang memerlukan kolaborasi bersama dengan mata pelajaran lain demikian juga termasuk dengan guru BK

4.

Rapat konsentrasi keahlian dalam menentukan program secara berkala dann insidental yang wajib diikuti oleh seluruh team konsebtrasi keahlian dan dihadiri secara langsung oleh bidang keuangan, bidang kurikulum dan kepala sekolah

5.

Dilakukan penjadwalan pertemuan guru-guru secara rutin dan kontinu untuk melakukan pembahasan materi pembelajaran

 











 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRY OUT CPNS BUMN TERBARU

BANK SOAL CPNS BUMN TERBARU

Wiring Diagram Kelistrikan Sepeda Motor