Sabtu, 26 Januari 2019

Tugas M1 KB 1.2 Analisis Ringkas

Analisis ringkas tentang karakteristik siswa abad 21

Konsekuensinya terhadap karakteristik guru abad 21 adalah guru dituntut untuk menjadi fasilitator, motivator dan inspirator untuk siswanya. Sehingga guru dapat maksimal dalam pembelajaran sehingga kemampuan siswa dapat digali secara optimal. Guru juga dituntut untuk meningkatkan minat membacanya, karena guru harus mampu mentarnsformasi dari era pedagogis siber atau era digital. Selain harus meningkatkan minat membacanya, guru juga harus mempunyai kemampuan menulis agar bisa menuangkan gagasan-gagasan inovatifnya dalam bentuk buku atau karya ilmiah sehingga kredibelitas guru dihadapan siswa meningkat. Guru juga harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajarnya dan mencari pemecahan masalah belajar sehingga pembelajaran dapat efektif dan efisien.
Bukan hanya guru yang harus menyesuaikan dengan perkebangan teknologi dan era digital sekarang, siswa juga harus bisa mengimbanginya supaya dapat berjalan selaras dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kecakapan yang harus dimiliki oleh siswa abad 21 adalah siswa harus terampil dalam belajar dan berinovasi. Siswa harus berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas kolaboratif dan inovatif. Selain itu siswa ditutuntut mempunyai keahlian literasi digital yaitu literasi media baru dan literasi dalam teknologi informasi dan komunikasi.
Profil guru ideal yang sesuai dengan karakteristik guru abad 21 adalah guru yang mampu menjadi fasilitator, motivator dan inspirator siswanya serta guru yang mempunyai kompetensi yang mumpuni. Guru yang ideal diabad 21 adalah guru yang kreatif dan inoatif dalam mengembangkan metode belajarnya dan mencari pemecahan masalah belajar dengan diimbangi penguasaan teknologi digital sebagai media pembelajarannya.

1 komentar: